PROFILE PERUSAHAAN

PROFILE UD. DAPUR SEHATI

A.  Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan : UD. Dapur Sehati
Tanggalberdiri : 11 September 2011
Alamat Perusahaan : Jl. PelabuhankalbutRt 01 Rw 09 Situbondo
Jenis Perusahaan : UMKM pengolahanikan
JumlahKaryawan : 12 orang
Produk : Olahanprodukberbahandasarikan
Email : abondapursehati@gmail.com

B.  Riwayat Perusahaan
Dapur Sehati merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang pengolahan ikan (abon ikan,bakso ikan, stik ikan) yang dibentuk pada tanggal 11 September 2011.

C.  Visi dan Misi Perusahaan
Visi dan misi UMKM Dapur Sehati adalah sebagai berikut :
1. VISI
Menjadi perusahaan pengolah ikan yang inovatif, selalu berkembang dan terpercaya di Indonesia.
2. MISI
Menghasilkan makanan olahan yang berbahan dasar ikan yang sehat dan aman.
Menjadi pelopor makanan cepat saji berbahan dasar ikan yang sehat.
Mendukung program Indonesia gemar makan ikan.
Pemberdayaan perempuan dan pegembangan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat.
Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya

D. Struktur Organisasi


E. Jenis Usaha yang Dikelola
Dapur Sehati bergerak di bidang pengolahan makanan yaitu pembuatan olahan  lauk kering berbahan dasar ikan , stik ikan dan bakso ikan beku. Dapur Sehati memilih usaha di bidang olahan ikan karena daerah sekitar adalah daerah penghasil ikan.  Lokasi produksi Dapur Sehati juga tidak jauh dari area pantai penghasil ikan tersebut.

E.  Jenis Usaha yang Direncanakan
Dapur Sehati sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang pengolahan ikan yang sehat dan bisa di distribusikan ke seluruh Indonesia dengan jenis olahan  lauk kering , stik ikan dan bakso.  Olahan lauk kering yaitu abon ikan tuna, abon ikan cakalang, abon ikan lele, abon cabe teri, abon cabe ebi dan  teri crispy. Olahan stik ikan terdiri dari stik ikan cakalang, stik ikan teri, dan stik ikan layang. Sedangkan olahan bakso terdiri dari bakso ikan tuna dan tahu bakso tuna.Dapur Sehati yakin usaha ini akan berkembang dengan baik karena produk – produk yang mereka hasilkan dibutuhkan masyarakat indonesia, khususnya ibu – ibu yang tidak punyak banyak waktu untuk memasak dana tetap perduli akan makanan sehat.

F.  Lingkungan Usaha
Desa Semiring adalah desa penghasil ikan yang cukup besar , dan pekerjaan sebagian masyarakan di desa adalah nelayan. Melihat potensi yang ada di desa Semiring bisnis dibidang pengolahan ikan memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena bahan baku yang melimpah. Oleh karena itu Dapur Sehati bertekad mengembangkan usaha olahan ikan ini untuk menghasilkan produk lauk berkualitas yang dibutuhkan masyarakat diseluruh Indonesia dan pemberdayaan masyarakat sekitar serta mengembangkan potensi desa dengan menyerap sebanyak-banyaknya hasil tangkapan nelayan.

G.  Kondisi Pasar
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, Dapur Sehati menyiasatinya dengan inovasi yang berbeda dari produk-produk  yang sudah adapada umumnya yaitu dengan membuat produk yang tidak menggunakan MSG (Monosodium Glutamate) dan pengawet. Karena semakin banyak masyarakat di Indonesia yang sadar akan makanan sehat. Dengan ini, Dapur Sehati yakin produk yang mereka hasilkan mampu bersaing dan laku dipasaran.

H.  Rencana Pemasaran
Dapur Sehati akan terus menambah agen di seluruh wilayah Indonesia, dengan demikian distribusi produk ke kota-kota di seluruh Indonesia semakin mudah. Dapur Sehati memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produknya serta mencari agen-agen baru. Agen-agen yang telah bergabung untuk memasarkan produk Dapur Sehati juga dibina untuk berjualan di social media. Sehingga semakin banyak agen yang bergabung, distribusi produk juga semakin besar dan pendapatanpun meningkat.

I.  Hasil Olahan Dapur Sehati
Produk yang dihasilkan oleh Dapur sehati sangat beragam, berikut adalah beberapa gambar produk mereka :
Bakso Ikan Tuna

Abon Ikan Tuna

Abon Ikan Cakalang

Abon Ikan Lele

Abon Cabe Teri

Ikan Teri Crispy


Stik Ikan Teri